Sobat Tayo konbanwa, apakah kalian pernah denger apa itu JLPT, J-TEST, NAT-TES dan JFT-BASIC? kalo belum, yuk kita bahas bareng-bareng. sebelum ke penjelasan yang umum, ke-4 daftar tersebut itu adalah tempat dimana kalian bisa ujian bahasa jepang dari level paling bawah, yaitu N5 sampai yang tertinggi N1

JLPT

Japanese-Language Proficiency Test (JLPT) dikembangkan di Jepang dan telah menjadi standar sertifikasi kompetensi bahasa Jepang di seluruh dunia sejak tahun 1984. Sertifikasi umumnya dibutuhkan untuk study maupun bekerja di negara Jepang maupun lembaga  dan perusahaan Jepang pada umumnya.

Sebanyak 7,000 peserta dari seluruh dunia mengikuti test pertama JLPT yang dilaksanakan serentak di 15 negara di berbagai benua, dan pada tahun 2019 telah diikuti oleh lebih dari 1,268,511 peserta di 87 negara diseluruh dunia.

Kini JLPT merupakan ujian sertifikasi kompetensi bahasa Jepang terbesar di dunia. Waktu Pelaksanaan biasanya dilaksanakan 1 tahun 2x yaitu pada bulan Juli dan Desember.

Untuk info lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini


>>INFO JLPT<<

J-TEST

Kemahiran tingkat lanjut Bahasa Jepang bersertifikat ini diperlukan untuk melamar pekerjaan, mendapatkan beasiswa dan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Praktis J-Test, Anda dapat mengetahui sampai sejauh mana kemampuan komunikasi bahasa Jepang yang Anda miliki.

Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Praktis J-Test adalah ujian kemampuan bahasa yang menilai secara objektif kemahiran bahasa Jepang untuk orang asing sejak 1991.Setiap tahun 50.000 orang yang terdiri dari karyawan, mahasiswa asing, dan murid sekolah bahasa mengikuti ujian ini. Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Praktis J-Test ini setiap tahunnya diselenggarakan sebanyak 6 kali.

Pada ujian JTest tidak ada sistem LULUS/TIDAK LULUS. Penilaian akhirnya adalah masuk pada kelompok tingkatan mana peserta tersebut dengan indikator penilaiannya, yaitu sejauh mana peserta tersebut memahami bahasa Jepang.
Terdapat 2 tingkat ujian yang dapat peserta pilih berdasarkan kemampuan:

  1. Tingkat A-C
    Diperuntukkan bagi peserta yang sudah belajar bahasa Jepang pada level lanjutan hingga atas (中級~上級). Penjelasan lebih lanjut buka laman Tingkat A-C 
  2. Tingkat D-E
    Diperuntukkan bagi peserta yang belajar bahasa Jepang pada level menengah.
    Penjelasan lebih lanjut buka laman Tingkat D-E
  3. Tingkat F-G
    Diperuntukkan bagi peserta yang belajar bahasa Jepang pada level dasar.
    Penjelasan lebih lanjut buka laman Tingkat F-G

Peserta yang mengikuti J-TEST

J-Test secara umum diperuntukkan untuk pembelajar bahasa Jepang yang ingin menguji kemahiran bahasa Jepang mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga lanjutan.

Secara khusus, J-Test diperuntukkan untuk:

  • Sekolah di Jepang untuk menerima murid baru
  • Perusahaan Jepang untuk merekrut pegawai asing.
  • Penerimaan calon perawat/care-giver untuk bekerja di Jepang.

Kriteria utama untuk mengikuti ujian J-Test ini adalah calon peserta yang bukan berbahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Walaupun berkewarganegaraan Jepang, masih dapat mendaftar selama bahasa ibu yang digunakan bukanlah bahasa Jepang.


Untuk info lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini.


>>INFO J-TEST<<

NAT-TEST

NIHONGO NAT-TEST adalah ujian untuk mengukur kemampuan Bahasa Jepang bagi pembelajar Bahasa Jepang yang tidak menggunakan Bahasa Jepang sebagai Bahasa Ibu. Ujian Kemampuan Bahasa Jepang ini terdiri dari 5 level yang masing-masing levelnya diuji kemampuan “Huruf dan Kosakata”, “Pendengaran” dan “Bacaan”.

Untuk info lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini.


>>INFO NAT-TEST<<

JFT-BASIC

Ujian ini ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan dalam komunikasi keseharian WNA yang akan tinggal di Jepang terutama untuk bekerja.

Untuk info lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini.


>>INFO JFT-BASIC<<

Gimana Sobat Tayo sudah tau perbedaannya? ayo coba ikut tes kemampuan bahasa jepang, biar bisa mengukur kamu sudah di level mana. kalo masih bingung nanti sertifikatnya buat apa? Kamu bisa baca ini terlebih dahulu

Manfaat Punya Sertifikat Noken

Leave a Comment on PERBEDAAN JLPT, J-TEST, NAT-TES dan JFT-BASIC

Leave a Reply

Your email address will not be published.